4 Cara Menjual Rumah Secara Online, Pasang Iklan Gratis!

Sudah paham bagaimana cara menjual rumah secara online? Hm, menjual rumah memang tidak mudah. Pasalnya, menemukan pembeli potensial dapat memakan waktu dan waktu.

Begitu juga saat ingin membeli rumah baru BSD City, tetapi harga yang dicari tidak sesuai dengan anggaran Anda. Tentu saja, penawaran yang ditemukan seringkali tidak memenuhi persyaratan lokasi, fasilitas, desain, bahkan juga ukuran. 

Untungnya, saat ini kehadiran Internet memudahkan segala aktivitas manusia, termasuk soal jual beli rumah. Ya, sebagian besar penjualan rumah online akhir-akhir ini didorong oleh komunitas yang terbentuk. 

Bagaimana Cara Menjual Rumah Secara Online?

Ketersediaan berbagai situs jual beli di Internet pun telah membuka peluang untuk menjual rumah Anda dengan cepat dan mudah. Namun membeli dan menjual properti secara online tentu tidak mudah. Baca cara dan tips berikut agar proses berjalan lancar.

1. Survei Harga Properti

Jika Anda mempertimbangkan untuk menjual rumah, pastikan harganya pas dengan harga pasar. Tidak masalah jika Anda menjual rumah dengan harga murah atau mahal. Namun, ada beberapa pertimbangan penting sebelum menentukan harga properti. 

Misalnya saja seperti PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) sebagai total biaya pembangunan perumahan untuk menentukan harga bangunan. Bandingkan juga harga properti berdasarkan NJOP (Nilai Jual Objek Pajak).Umumnya, pihak penjual akan memasang harga yang lebih tinggi dari NJOP. 

Jadi, melakukan riset pasar sangat penting. Seperti halnya dengan membeli rumah secara online. Anda bisa mendapatkan gambaran harga terlebih dahulu dengan melakukan riset ini. 

Bahkan tolak ukur harga tersebut tidak hanya untuk satu atau dua rumah saja. Tetapi juga beberapa rumah lain di sekitar. Sesudah melakukan riset pasar, lakukan perbandingan harga untuk menentukan jumlah penjualan minimum.

2. Pasang di Situs Jual Beli Rumah

Cara menjual rumah secara online yang paling utama adalah memasang iklan di situs jual beli rumah. Anda bisa mencoba situs yang paling banyak dicari seperti Rumah.com, Rumah123.com, RumahDijual.com, OLX, dan masih banyak lagi. 

Di sana, Anda akan membuat sebuah iklan rumah secara gratis dengan melengkapi informasi yang diperlukan oleh para calon pembeli. Jadi nantinya, para pembeli bisa menemukan informasi iklan Anda berdasarkan kebutuhan mereka melalui filter mesin pencarian yang ada. 

3. Pasang Foto dan Deskripsi Terbaik

Jangan lupa untuk mengunggah foto rumah terbaik yang menunjukkan dengan jelas kondisi rumah Anda. Unggah setiap sudut berbeda dari ruangan mana pun: halaman depan, ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi, dapur, garasi. 

Pastikan juga foto yang terlampir berkualitas tinggi, beresolusi tinggi, dan bebas dari buram, gelap, atau blur. Jelaskan secara singkat fasilitas umum di sekitar rumah Anda. Jika perlu, definisikan kembali fitur-fitur yang tersedia di dalam rumah. 

4. Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Rumah Anda

Cara menjual rumah secara online selanjutnya adalah dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan rumah tersebut. Saat membuat iklan properti online, pastikan untuk menyertakan beberapa poin penting tentang properti yang ingin Anda jual. 

Menyebutkan kekurangan secara eksplisit diperbolehkan, tetapi jangan sampai malah menyesatkan pembeli karena Anda harus meyakinkan mereka dengan rumah tersebut. Saat membeli atau menjual rumah di Internet, ingatlah bahwa kredibilitas penjual itu penting. Oleh karena itu kejujuran merupakan syarat wajib bagi penjual. 

Penutup

Itu tadi adalah 4 cara menjual rumah secara online yang bisa Anda ikuti. Pastikan semua langkah-langkah tersebut Anda lakukan agar masalah yang tidak diinginkan terjadi. 

Baca Juga: 5 Aksesoris untuk Dekorasi Dinding Kamar Kos

Share

You may also like...