Dasar-dasar Kunci Gitar Lengkap dengan Panduannya

Kunci Gitar – Gitar merupakan salah satu alat musik yang paling digemari, terutama di kalangan anak muda. Karena selain gitar merupakan alat musik yang bisa dibawa kemana-mana, gitar juga cocok digunakan untuk memainkan lagu-lagu daerah.

Selain itu, karena ada berbagai jenis gitar seperti gitar listrik dan akustik, instrumen ini juga dapat masuk ke dalam genre musik yang berbeda, apakah itu pop, jazz, rock, metal, dan banyak lagi. Secara umum, gitar terdiri dari enam senar, dimulai dengan senar terkecil di bagian bawah dan diakhiri dengan senar terbesar di bagian atas.

Di tengah pandemi saat ini, gitar juga menjadi alat musik yang populer di berbagai media sosial, di mana alat musik ini dimainkan untuk menunjukkan keterampilan dan menjadi pengiring bagi para pembuat konten.

Mengenal Dasar Kunci Gitar (Chord Gitar)

Bagi anda yang tertarik atau mempelajari alat musik ini, gitar memiliki tujuh kunci dasar yaitu kunci A, kunci B, kunci C, kunci D, kunci E, kunci F dan kunci G, yang masing-masing memiliki mayor dan akord. bawahan. Berikut adalah daftar Kunci Gitar dasar yang bisa Anda pelajari beserta gambar dan penjelasannya.

1. Kunci A Mayor

Chord dasar A, sering disebut sebagai chord termudah untuk pemula, dimana ketiga jari pada fret yang sama sehingga tidak memerlukan gerakan yang terlalu rumit.

2. Kunci Am (A minor)

Salah satu kunci yang paling sering digunakan adalah kunci dasar Am atau A minor.

3. Kunci B Mayor

Karena posisi jari yang tidak biasa, chord datar B sangat sulit dikuasai bagi pemula yang baru mulai memainkan alat musik gitar.

Kunci Gitar

4. Kunci B Minor (Bb)

Chord minor datar Bb atau B pada gitar menunjukkan bahwa nadanya setengah dari nada yang dimaksud.

5. Kunci C Mayor

Kunci C adalah kunci yang paling umum digunakan saat memainkan lagu atau genre musik, jadi memahami cara memainkan akord itu penting.

6. Kunci D

Kunci D merupakan kunci yang cukup mudah dimainkan, namun pemula perlu berhati-hati dalam menempatkan jari dengan benar agar not yang dihasilkan tidak pecah.

7. Kunci D Minor (Dm)

Kunci Dm atau D minor biasanya sering digunakan untuk lagu-lagu yang memiliki suasana atau mood sedih.

8. Kunci E

Chord E mayor cukup mudah dipelajari, dan karena akord E ada di senar VI, kita tidak perlu khawatir tidak sengaja memainkan senar lain dan bisa menggunakan metode memetik.

9. Kunci E Minor (Em)

Em atau E minor adalah kunci yang hanya membutuhkan dua fret atau kolom.

10. Kunci F Mayor

Kunci F mayor merupakan salah satu kunci alat musik gitar yang sulit dipelajari bagi pemula karena posisinya yang cukup rumit sehingga membutuhkan latihan untuk dapat memainkan chord dengan baik.

11. Kunci Fm (F Minor)

Kunci Fm, terkadang dikenal sebagai F minor, adalah kunci yang sulit untuk dikuasai. Oleh karena itu, bagi pemula yang baru mempelajari kunci F minor, ada dua pilihan.

12. Kunci G

Kunci G mayor juga merupakan salah satu kunci yang biasa digunakan dalam sebuah lagu dan sering digunakan ketika seseorang sedang berlatih bermain gitar.

13. Kunci G Minor

Gm atau G minor adalah kunci yang mudah dikuasai bahkan untuk pemula yang baru mengenal instrumen gitar.

Nah, begitulah cara Anda memainkan chord pada gitar dan dasar-dasar kunci gitar yang bisa anda pelajari.

Baca Juga: Investasi Emas dan Saham, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Share

You may also like...