Motif Batik Modern Paling Populer

Sebagai salah satu kebudayaan bangsa Indonesia, batik tentu memiliki ragam motif yang berbeda-beda. Disesuaikan dengan asal batik serta kebiasan satu daerah. Kali ini, kami akan membahas motif batik modern paling populer yang sering dipakai.

Kita tahu sendiri, jika batik modern adalah batik yang pada proses pembuatannya tidak menuruti aturan batik tradisional. Sehingga, motif batik modern lebih dinamis, aktual, dan tentunya menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Penasaran apa saja motif batik modern paling populer di zaman ini? Pembahasan di bawah ini akan kami sesuaikan dengan daerah asal. Karena pada dasarnya, meski sudah modern, batik tetap terinspirasi oleh batik tradisional yang memiliki keunikan tersendiri.

Karakteristik Batik Modern

Sebelum kita membahas corak atau motif batik modern, alangkah baiknya kita membahas ciri-ciri dari batik modern. Nah, apa saja ciri-ciri paling menonjol dan spesifik dari batik modern? Inilah pembahasannya.

  1. Tidak Terikat Daerah

Ciri spesifik dari batik tradisional adalah terikat pada kebiasaan daerah. Sehingga proses pembuatannya lebih terikat dan tidak dinamis. Maka tidak salah jika jenis batik ini dikenal kuno dan tidak modern.

Nah, berbeda dengan batik tradisional, batik modern lebih dinamis. Coraknya juga disesuaikan dengan kreatifitas penciptanya. Warna-warnanya pun tidak kaku seperti batik tradisional. Maka nggak heran jika jenis batik modern lebih disukai oleh generasi milenial.

  • Bentuk dan Corak Bebas

Kebebasan berekspresi adalah salah satu unsur paling penting dari batik modern. Maka nggak heran jika batik modern lebih cenderung memiliki pola yang santai dan elegan. Bahkan, batik modern bisa mengkombinasikan corak batik tradisional.

Meski coraknya bebas, batik tetaplah identik dengan kebudayaan Indonesia. Pembaharuan ini merupakan sebuah bentuk konkret dari akulturasi kebudayaan ke era modern. Hal ini tetap menjadi salah satu hal positif. Sehingga batik bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

  • Tidak Memiliki Makna Simbolis

Batik tradisional cenderung memiliki semiotika yang tinggi. Bentuk, corak, dan warna seringkali memiliki arti dan makna tersendiri. Sehingga, orang tidak berani untuk mengubah. Karena bisa saja akan mengubah maknanya juga.

Berbeda dengan batik tradisional, batik modern tidak melihat hal-hal seperti itu. Tidak ada makna simbolis dari batik modern. Tampilannya santai dan dinamis. Dalam masalah arti, batik modern mungkin tidak terikat, namun batik tetaplah batik, salah satu kebudayaan yang dibanggakan bangsa Indonesia.

  • Ragam Objek Modern

Objek dari batik modern sangatlah beragam. Bahkan, batik modern memiliki objek yang berupa bangunan modern. Sehingga, perpaduan ini membuatnya terlihat sangat dinamis. Tidak tertentu pada satu hal yang paten.

Meski demikian, pola abstrak dari tumbuhan, hewan, atau kebudayaan Indonesia tetaplah ada. Sehingga batik modern tetaplah mencirikan kebudayaan Indonesia yang khas dan beda dari negara lainnya.

Motif Batik Modern

Menginjak pada pembahasan selanjutnya, kami akan mengulas tentang motif batik modern yang merupakan perpaduan daera motif batik setiap daerah di Indonesia. Apa saja motif batik modern yang perlu anda ketahui? Simak penjelasan berikut ini:

  1. Batik Modern Papua

Batik papua memang memiliki ciri khas tersendiri. Apalagi jika dilihat dari perpaduan warna yang cerah, dihiasi oleh burung cendrawasih, kadal, dan hewan khas papua lainnya. Batik papua tentunya sudah menasional. Banyak orang yang menyukai jenis batik ini.

Desainer modern tentu tidak akan meninggalkan kesempatan ini. Batik papua adalah salah satu aset kebudayaan Indonesia yang harus dikembangkan. Sehingga tidak mati dari zaman ke zaman. Maka dari itu, muncullah batik modern papua.

Batik ini pada dasarnya tetap berdasarkan batik tradisional papua. Namun, dalam pengaplikasiannya, lebih digunakan dalam hal modis. Sehingga, selain kesan budaya muncul, batik modern papua bisa mengungkapkan estetika sebuah busana.

  • Batik Modern Madura

Madura adalah salah satu daerah yang sangat khas di Indonesia. Nggak heran jika madura juga memiliki batik yang khas. Batik Madura lebih memiliki corak yang berani, seperti watak dari suku Madura itu sendiri.

Selain itu, batik madura lebih cenderung terinspirasi oleh tumbuhan-tumbuhan. Membuktikan jika orang Madura meski keras, tapi tetap cinta pada lingkungan dan perdamaian. Itulah bangsa Indonesia, berbeda-beda akan tetapi tetap satu jua.

Munculnya batik modern madura ini adalah sebuah bentuk penyesuaian zaman oleh orang Madura. Jadi, anda tidak boleh salah menganggap orang Madura selalu kuno. Orang Madura juga tahu perkembangan zaman, termasuk dalam hal kebudayaan dan seni.

  • Batik Modern Bali

Salah satu suku yang unik dari banyaknya suku di Indonesia adalah suku Bali. Ternyata, bali juga memiliki batik tersendiri. Batik Bali lebih condong memiliki corak lambang setiap daerah yang diambil dari objek binatang.

Binatang yang dimaksud adalah burung bangau, naga, kura-kura, dan lain-lain. Jenis batik modern Bali ini merupakan perkembangan batik tradisional bali yang merupakan salah satu kebanggaan Indonesia.

Batik Bali ternyata juga ikut berkontribusi dalam mempertahankan batik sebagai kebudayaan Indonesia di UNESCO. Hal ini tentu sangat membanggakan, apalagi bagi masyarakat Bali itu sendiri.

Corak batik Bali juga ada yang terinspirasi oleh kebudayaan Bali seperti kesenian Barong dan sejenisnya. Maka dari itu, kesan eksklusif dan istimewanya akan tetap terlihat. Bisa dikatakan, batik modern bali adalah batik yang menarik dan berbeda dengan batik lainnya.

  • Batik Modern Betawi

Siapa bilang orang betawi tidak memiliki batik khas? Ternyata suku betawi memiliki ragam kebudayaan yang sangat kenal. Apalagi, jenis batik ini sudah disesuaikan dengan perkembangan zaman. Sehingga terciptalah batik modern betawi.

Batik yang memiliki corak dan pola unik yang menjadi bentuk akulturasi budaya Arab, China, dan India. Gimana nggak keran coba? Batik indonesia yang coraknya terinspirasi dari kebudayaan bangsa lain. Dipadukan sehingga terbentuk satu ciri khas yang baru.

Maka dari itu, bangsa Indonesia haruslah bangga memiliki suku Betawi. Disamping memiliki banyak kebudayaan yang khas, suku ini ternyata memiliki sumbangsih besar terhadap ragam fashion di Indonesia.

  • Batik Modern Pekalongan

Ragam motif batik yang terakhir adalah batik pekalongan. Sebuah batik pesisir yang didominasi oleh warna-warna cerah yang menggugah mata. Batik ini juga memiliki corak ornamen garis dan titik yang banyak.

Karena bentuk itulah, batik jenis ini nampak khas dan berbeda daripada batik lainnya. Selain itu, batik modern pekalongan cenderung mengambil objek flora Indonesia. Hal itu membuktikan bahwa orang pekalongan juga cinta pada lingkungan.

Dalam perkembangan fashion, batik modern jenis ini sering dipakai. Apalagi untuk pakaian atasan, akan sangat cocok dikenakan oleh pria maupun wanita. Batik pekalongan adalah batik yang harus dibanggakan oleh bangsa Indonesia.

Beberapa motif batik modern di atas, mungkin bisa anda jadikan referensi. Dalam hal fashion, batik tentu saja masih relate digunakan untuk busana. Asalkan dibuat dengan baik, batik akan memunculkan aura kebudayaan Indonesia yang modern.

Share

You may also like...