7 Cara Mempercepat Loading Blog Paling Efektif

Loading website memiliki pengaruh besar dalam tindakan pengunjung terhadap website Anda. Cara mempercepat loading blog harus Anda kuasai. Karena, faktanya orang-orang sangat tidak menyukai website dengan loading lambat.

Berikan pengalaman yang baik untuk pengunjung website Anda. Sehingga mereka dapat lagi dan lagi untuk membaca konten Anda dengan nyaman.

Dalam upaya meningkatkan efektivitas loading blog ada beberapa faktor dan saling menunjang antara satu dan lainnya.

Oleh karena itu, penting untuk menerapkan cara-cara di bawah ini agar masalah loading blog lambat dapat teratasi:

Cara Mempercepat Loading Blog Paling Efektif

1. Optimasi Gambar pada Konten

Salah satu faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya loading pada blog adalah penggunaan gambar baik dari segi jumlah maupun ukurannya. Penggunaan file gambar yang besar dapat mempengaruhi loading jadi lebih lambat.

Dari ini cara untuk loading blog cepat pastikan penggunaan gambar ukurannya kecil tapi tetap memiliki kualitas yang baik. Upaya ini tentu akan efektif jika diterapkan pada blog baru maupun lama yang memiliki masalah loading ini.

Tanpa merusak kualitas gambar, Anda dapat mencoba cara mengecilkan ukuran foto. Ada banyak alat penunjang yang dapat membantu Anda.

2. Aktifkan Caching

Mengaktifkan plugin SEO ataupun caching pada website menjadi salah satu cara mempercepat loading blog.

Mengapa demikian? sebab proses penyimpanan sementara ini dapat menurunkan penggunaan loading server. Dengan begitu proses memuat pada konten blog jadi lebih cepat.

Pemilik website tidak perlu secara berulang mengumpulkan data kembali untuk penampilan halaman.

3. Batasi Jumlah Postingan Tiap Halaman

Disarankan untuk mendapatkan blog yang optimal perlu untuk memperhatikan jumlah postingan. Khususnya pada halaman pertama sebab pengaruhnya pada kecepatan pemuatan blog.

Logikanya jika semakin banyak jumlah postingan pada halaman blog maka optimasi waktu yang dipakai juga lebih lama. Tentu saja karena masalah pemuatan konten tersebut.

Oleh karena itu, pastikan jumlah postingan pada blog tidak terlalu memberatkan waktu pemuatan.

4. Delete Semua Plugin Tidak Terpakai dan Memberatkan

Adapun cara mempercepat loading blog berikutnya adalah menghapus semua plugin yang tidak dipakai lagi. Walaupun dibebaskan bagi pengguna blog untuk memasukkan ujian yang diinginkan tapi disarankan yang sifatnya fungsional dan menunjang.

Hal ini dikarenakan dapat mempengaruhi kerja resource hosting dalam upaya meningkatkan optimasi blog.

5. Aktifkan GZip Compression

Penting sekali untuk memperkecil ukuran postingan pada blog. Sebab semakin kecil maka proses loadingnya akan lebih cepat. Caranya adalah dengan menggunakan GZip compression. Alat ini dapat digunakan untuk mengurangi ukuran file dengan format json, HTML, CSS, xml, javascript dan font.

Fungsi lainnya dari alat ini tidak hanya sebatas mempercepat pembuatan website saja. Tapi berfungsi menghemat bandwidth hosting dan resource server. Aktifkan tool ini melalui Cpanel agar dapat memberikan efektivitas dalam upacara upaya mempercepat loading blog.

6. Gunakan Embed pada Konten Video

Penggunaan embed termasuk cara mempercepat loading blog yang efektif. Sebab, kalau tanpa embed video akan membuat pengunjung hanya berlama-lama fokus pada video saja. Tentu saja masalah ini harus segera diatasi karena bisa membuat loading blog lambat.

Caranya jangan lewatkan untuk penggunaan fitur embed video saat upload video. Dengan demikian pengaruhnya akan semakin bagus untuk meningkatkan kecepatan loading dan meringankan beban hosting.

7. Pakai Leverage Browser Caching

Adanya fitur ini dapat mengurangi beban browser pengunjung sehingga efeknya akan mempercepat loading blog. Cara kerjanya yaitu file disimpan secara lokal sehingga pada kunjungan berikutnya, pemuatan jadi lebih mudah.

Mengapa demikian? Sebab browser pengunjung sudah menyimpan file blog kunjungan sebelumnya. Cara untuk mendapatkan manfaat dari fitur ini tentu langkah pertamanya pemilik blog harus mengakses file htaccess.

Jadi bagi yang ingin mendapatkan blog yang optimal dengan loading cepat sangat penting untuk menerapkan cara mempercepat loading blog di atas. Pastikan semuanya diterapkan supaya mendapatkan hasil yang maksimal untuk meningkatkan kualitas blog. 

Share

You may also like...