7 Jenis Olahraga Terfavorit Di Dunia Selain Sepak Bola, Yang Manakah Favoritmu?

Selama ini, sepak bola dianggap sebagai olah raga paling terkenal di dunia atau Jenis Olahraga Terfavorit. Benarkah demikian? Dari hasil survei sebelum tahun 2020 mengatakan bahwa hampir separuh dari penduduk bumi pernah menjadi penonton pertandingan soccer.

Separuh dari penduduk bumi berarti sekitar 3,5 M manusia pernah mendatangi stadion untuk menonton pertandingan. Hal ini terdengar wajar jika kita bandingkan dengan fenomena di tanah air. Lalu adakah olahraga lain yang difavoritkan penduduk bumi?

Jenis Olahraga Terfavorit Selain Sepak Bola (Soccer)

Jenis Olahraga Terfavorit
Gambar oleh Michal Jarmoluk dari Pixabay

Predikat favorit yang pertama layak disematkan pada olahraga sepak bola. Karena hampir di seluruh negara di dunia, memiliki penggemar olah raga ini. Meskipun di beberapa negara tidak menjadi yang paling diminati.

Soccer yang dimainkan oleh dua tim masing-masing terdiri dari 11 pemain ini memang menarik. Dengan satu bola yang diperebutkan untuk masuk gawang alwan, menjadikannya seru diikuti hingga akhir pertandingan. 

Bahkan tidak sedikit penggemar yang menjadikan pertandingan menjadi ajang taruhan. Baik dengan uang, atau sekadar permainan. Fenomena ini tentu meunjukkan tingginya antusiasme masyarakat terhadap sepak bola.

Tidak hanya terhadap olahraganya, para penggemar permainan bola juga biasanya sangat antusias dengan jersey custom. Setiap kali menonton pertandingan, mereka sempatkan sambil mengenakan kostum.

Seolah dukungan kepada tim favorit semakin kuat jika mengenakan kostum yang sama. Lalu apa olahraga selain memperebutkan 1 bola di antara 22 pemain yang favorit di dunia? Beberapa ringkasan berikut mencoba menjawabnya:

1. Kriket atau Cricket

Penggemar cricket memang tidak sebanyak penggemar sepak bola di Indonesia. Namun di beberapa negara kriket menjadi olahraga favorit. Umumnya negara penggemar permainan ini adalah negara persemakmuran Inggris. 

Seperti Sri Lanka, India, Pakistan, Bangladesh, juga negara bagian di Benua Australia dan beberapa negara Eropa. Dari hasil survei mengatakan bahwa 2,5 Miliar penduduk bumi pernah menghadiri pertandingan kriket. Angka yang fantastis, ya?

Sementara di Indonesia, kriket tidak terkenal sama sekali. Jika pun ada beberapa penggemarnya, tidak cukup untuk membuat Kemenpora tertarik untuk menyelenggarakan pertandingan. Mungin karena belum ada pendahulunya.

2. Hokey

Olahraga lain yang tidak terkenal di Indonesia namun terkenal di dunia adalah hockey. Olahraga ini tercatat mampu menyedot hingga 2 Miliar penduduk bumi untuk jadi penontonnya. 

Meskipun demikian, tim pemain hockey juga memiliki jersey custom dengan logo tim dan sponsor yang mendukungnya. Hal ini tentu menambah potensi pasar jersey yang tidak hanya menggandrungi pendukung permainan bola bukat.

3. Tenis Meja

Peringkat ke empat penggemar olahraga tingkat dunia memilih tenis meja sebagai olahraga favorit. Olahraga ini mampu menyedot perhatian 850 juta manusia dari seluruh dunia. Ini berarti sekitar 10% penduduk bumi menyukainya.

Hal yang menarik pada permainan tenis meja adalah tantangan untuk menaklukkan bola. Benda bulat sebesar telur itu harus dipertahankan tetap berada di atas meja selama mungkin. Pemain bisa terdiri dari satu atau dua orang setiap tim.

4. Bola Voli

Permainan bola voli saat ini di Indonesia kurang diminati lagi, dibandingkan tahun 90an. Berbeda dengan basket yang mampu menyelenggarakan pertandingan hingga tingkat internasional. Namun ternyata di tingkat dunia cukup terkenal.

Dari hasil survei menyatakan bahwa penonton bola voli pernah mencapai angka 900 juta orang. Ini berarti peminatnya lebih banyak daripada peminat tenis meja. Kira-kira, apa yang membuat bola voli saat ini semakin sepi peminat?

baca juga: Rekomendasi HP Samsung Terbaru

5. Tenis

Permainan tenis lapangan banyak dimainkan oleh bapak-bapak karyawan dan pegawai di Indonesia. Di tingkat dunia, negara yang ramai dengan peminat tenis adalah Prancis dan Australia. Ada pertandingan tingkat nasional di sana.

Selain kedua negara tersebut, masih ada Inggris dan Amerika yang memiliki peminat tenis cukup tinggi. Sehingga wajar ada pertandingan tingkat negara dan internasional yang dibuka untuk tenis. Seperti Piala Davis sebagai olimpiade khusus tenis. 

6. Base Ball

Peringkat ke enam olahraga paling terkenal di dunia adalah base ball. Olahraga ini tercatat pernah menarik minat penonton hingga 500 juta orang. Meskipun di Indonesia peminatnya tergolong sedikit, namun di tingkat dunia termasuk populer.

7. Golf

Di Indonesia, para pemain golf umumnya adalah orang kaya atau pengusaha. Golf menjadi salah satu olahraga kalangan elit. Di tingkat dunia, permainan ini mampu menghadirkan 45 juta penonton.

Inilah 7 jenis olahraga terfavorit di dunia selain sepak bola. Sayangnya basket yang cukup populer di Indonesia dan di beberapa film Asia, ternyata tidak masuk 10 besar. Mungkin olahraga ini perlu digalakkan lagi agar masuk nominasi favorit dunia.

Share

You may also like...