Penjelasan Tentang Cara Setting Jam Digital Masjid 6 Tombol

Perkembangan pengatur waktu pada zaman ke zaman telah berkembang dengan pesat. Adanya jam digital menjadi aspek baru dalam teknologi. Maka dari itu dibutuhkan pembahasan tentang cara setting jam digital masjid 6 tombol, untuk memudahkan para pengguna dari jam digital tersebut.

Sekarang ini jam digital mulai digandrungi oleh pengurus masjid. Selain mudah dipahami, jam digital juga memiliki banyak fitur yang mempermudah pelaksanaan ibadah sholat. Namun, sebelum menggunakan jam tersebut, pengurus masjid harus memahami bagaimana cara setting jam digital masjid 6 tombol. Berikut ulasannya:

Cara Setting Tanggal

Untuk setting tanggal bisa dilakukan melalui 6 tombol yang berada pada samping jam digital. Urutan nomor satu adalah yang paling bawah, dan berurutan sampai dengan nomor enam naik ke atas.

Untuk cara setting jam digital masjid 6 tombol pada tanggal bisa langsung ditekan saja pada sisi samping jam digital. Berikut penjelasan masing-masing tombol:

  • Tombol nomor 1 berfungsi untuk menambahkan tanggal pada jam digital.
  • Pada tombol nomor 2 berfungsi untuk mengurangi tanggal pada jam digital.
  • Tombol nomor 3 berfungsi untuk menambahkan bulan pada jam digital.
  • Nomor 4 berfungsi untuk mengurangi bulan pada jam digital.
  • Tombol nomor 5 berfungsi untuk menambahkan tahun pada jam digital.
  • Sedangkan tombol nomor 6 berfungsi untuk mengurangi tahun pada jam digital.

Seperti itulah cara untuk melakukan pengaturan tanggal pada jam digital masjid 6 tombol. Setiap tombolnya memiliki fungsi yang berbeda untuk pengaturan. Jadi harus lebih teliti dalam menekan tombol yang berada di sisi samping jam digital ini.

Cara Setting Waktu

Cara setting waktu ini sebenarnya masih sama dengan cara setting tanggal. Namun yang menjadi pembeda dalam cara setting jam digital masjid 6 tombol ini adalah untuk masuk ke dalam pengaturan waktu. Berikut caranya :

  • Tekan tombol nomor 1 selama 2 sampai 3 detik untuk masuk ke pengaturan waktu.
  • Setelah masuk ke pengaturan untuk fungsi tombol 1 untuk penambahan detik.
  • Tekan tombol nomor 2 untuk mengurangi detik pada jam digital.
  • Jika ingin menambah menit pada jam digital tekan tombol nomor 3. Atur sampai menit yang sesuai dengan waktu asli.
  •  Apabila waktu pada jam digital lebih cepat dibanding waktu real, maka tekan tombol 4 untuk mengurangi menit pada jam digital.
  • Sedangkan tombol nomor 5 ditekan untuk menambahkan jam pada jam digital.
  • Sementara itu, apabila pengguna ingin mengurangi penunjuk waktu jam, maka tekan tombol nomor 6 pada jam digital.

Jika ingin keluar dari pengaturan waktu cukup tekan tombol no 2 selama 2 sampai 3 detik. Pada dasarnya baik pengaturan tanggal maupun waktu sangat mudah. Pengguna hanya perlu menekan 6 tombol yang ada di samping jam digital.

Cara setting Alarm

Untuk jam digital yang sering ada di masjid ini, cara setting alarm juga bisa dilakukan. Setting alarm berfungsi untuk sebagai penanda akan memasuki waktu sholat, sebagai penanda sudah memasuki waktu sholat. Setting alarm, biasanya dilakukan tepat pada saat jam sholat agar saat muadzin melantunkan suara adzan, benar benar sudah memasuki waktu sholat.

Cara setting alarmnya yaitu dengan cara menekan tombol nomor 2 selama 2 sampai 3 detik, maka akan memasuki pengaturan untuk alarm. Untuk range yang disediakan pada pengaturan alarm di jam digital ini dari 1 sampai dengan 60 menit.

Begitulah untuk cara setting jam digital masjid 6 tombol, untuk semua cara settingnya terkesan simple dan mudah untuk dilakukan. Karena memang tujuan utama dari kemajuan sebuah teknologi adalah untuk memudahkan pengguna dalam pengoperasian.

 

Share

You may also like...