Keuntungan dan Cara Merawat Septic Tank Yang Benar

Keuntungan dan Cara Merawat Septic Tank Yang Benar Sebelum Memanggil Sedot WC Jakarta – Rumah yang baik adalah rumah yang memiliki tempat pembuangan akhir yang baik juga pastinya, dan tempat pembuangan terakhir tersebut biasa disebut dengan “septic tank“. Salah satu tempat atau ruangan yang terkubur dalam di tanah, yang sengaja dibuat untuk menampung kotoran manusia dari wc atau toilet.

Septic tank bukanlah tempat yang dapat dianggap remeh, karena bila sudah penuh tentu harus dibuang dengan segera seluruh isi di dalamnya dengan menggunakan jasa sedot limbah. Tidak hanya itu saja, kandungan udara yang berada dalam septic tank sangat berbahaya bila terhirup oleh manusia, karena ada banyak sekali kandungan racun yang berbahaya, bahkan bila sudah terlalu menumpuk mampu membuat ledakan yang hebat.

Oleh sebab itu Anda harus merawat dan menjaga selalu septic tank yang ada di rumah, agar mampu bekerja secara maksimal sebagai bagian dari rumah yang sama pentingnya dengan ruangan lainnya. Namun, bila sudah penuh maka Anda perlu memanggil jasa sedot WC Jakarta untuk membuang isi limbah dalam septic tank. Berikut ini adalah keuntungan dan cara merawat septic tank yang baik di rumah.

Keuntungan dan Cara Merawat Septic Tank Yang Benar Sebelum Memanggil Sedot WC Jakarta

Keuntungan Merawat Septic Tank

Menghemat Biaya Reparasi Spetoc Tank

Tahukah Anda, septic tank yang terjaga dengan baik dan terawat tentunya akan mampu menghemat uang yang relatif cukup besar untuk mereparasi septic tank yang rusak. Sedangkan untuk mengeluarkan biaya menyedot wc yang penuh atau mampet Anda akan mengeluarkan dana yang berkisar antara 500-800 ribu. Bahkan dapat lebih lagi  mengeluarkan dana apabila instalasi sistem septic tank harus rusak dan harus dirombak ulang.

Kesehatan Keluarga Lebih Terjaga

Perlu Anda ketahui bahwa cairan limbah domestik yang berasal dari wc/toilet biasanya mengandung bakteri dan virus patogen (penyebab penyakit) bila terhirup oleh keluarga apalagi oleh anak-anak. Dan apabila sistem septic tank tidak terjaga dengan baik bahkan terjadi kebocoran, maka dapat menjadi sumber penyakit yang berbahaya untuk tubuh seperti tipes dan kolera.

Rumah dan Tempat Tinggal Terasa Lebih Nyaman

Anda pastinya tidak dapat membayangkan bagaimana bila terjadi kemampetan pada wc, bukan? Atau yang lebih parahnya lagi, terjadinya kebocoran bahkan tumpahnya cairan pada saluran septic tank. Yang pasti tidak hanya dapat mengganggu kenyamanan lingkungan rumah saja, tetapi juga menghabiskan waktu yang sia-sia hanya untuk mengatasi wc mampet, kecuali bila Anda menggunakan jasa sedot wc Jakarta.

Terdukungnya Kelestarian Lingkungan

Apakah Anda pernah membayangkan bagaimana bila septic tank tidak berjalan dengan baik? Sudah dapat dipastikan kalau kuman penyakit dan semua mikroorganisme patogen yang berasal dari septic tank dapat mengkontaminasi sumber-sumber air atau sistem perairan di sekitarnya. Bahkan pada tahap selanjutnya dapat menjadi peran utama dalam terganggunya kelestarian di sekitar lingkungan Anda.

Tips Sederhana Merawat Sistem Septik Tank

  • Toilet bukan tempat sampah dan tidak boleh dijadikan sebagai tempat pembuangan sampah padat. Jadi sangat disarankan untuk setiap masyarakat agar tidak membuang sampah ke dalam toilet baik anorganik seperti diapers, produk-produk higienis feminim, puntung rokok, dan lain-lain, atau sampah organik. Karena bila terjadi maka dapat menyebabkan wc menjadi mampet bahkan sampai terganggunya sistem pada septic tank.
  • Tidak disarankan untuk sering menuangkan cairan desinfektan, pemutih baju, cairan deterjen, dan cairan lainnya. Karena hal tersebut akan membunuh bakteri pengurai limbah yang tumbuh dan berkembang secara alami di dalam septic tank. Tidak hanya itu saja, terlalu banyak membuang cairan desinfektan akan membunuh bakteri dan membuat wc menjadi cepat penuh bahkan sampai menjadi mampet.
  • Menggunakan air untuk membersihkan limbah di toilet secukupnya dan seperlunya saja. Karena penggunaan air yang berlebihan dapat mempercepat penuhnya septic tank. Yang pastinya akan memberikan dampak buruk pada septic tank yang bekerja tidak efektif. Karena perlu Anda ketahui bahwa bakteri pengurai yang tinggal dalam septic tank faktanya memerlukan waktu retensi untuk mengolah limbah.

Oleh karena itu ukuran septic tank yang tepat juga harus dipertimbangkan keberadaannya. Dan hal yang harus dipastikan terlebih dahulu adalah jangan memilih septic tank dengan yang terlalu kecil, karena volume septic tank yang kecil pastinya akan menyebabkan over kapasitas yang membuat septic tank tidak akan efektif bekerja untuk mengurai limbah.

Kemudian jangan lupa untuk menambahkan atau menginjeksi septic tank dengan bakteri khusus yang sengaja didesain untuk membantu dan mempercepat proses penguraian limbah, minimal dapat Anda berikan dua kali dalam setahun.

Demikianlah informasi mengenai keuntungan yang Anda dapatkan apabila memiliki sistem septic tank yang terjaga dan terawat dengan baik, berikut dengan cara yang tepat untuk merawat sistem septic tank dengan baik dan benar.

Dan harus Anda waspadai apabila septic tank sudah penuh, maka selalu pastikan untuk membuangnya dengan bantuan dari tukang sedot wc Jakarta agar tidak menjadi penggangu baik lingkungan sekitar dan lainnya.

Share

You may also like...