Mengenal Apa Itu Alat Press Body Motor

Alat press body motor merupakan mesin yang telah dirancang untuk menghasilkan lembaran metal. Alat ini digunakan untuk membengkokkan logam dengan sudut tertentu sesuai kebutuhan pemakainya. Mesin press memiliki tiga bagian utama dengan fungsi yang berbeda-beda.

Tiga bagian utama tersebut adalah bed, ram dan frame. Sistem mekanis di mesin nantinya akan mengerakkan ram dan kemudian diteruskan ke bagian press dies serta mendorong lembaran metal. Jadi nantinya alat bisa membentuk serta mendorong lembaran metal sesuai fungsi press dies yang dipakai.

Untuk penggunaan alat press body motor terbaik, biasanya alat ini dipakai untuk mempress body motor yang sudah rusak karena kecelakaan ataupun tertimpa sesuatu. Namun ingat, penggunaan alat press ini tidak selamanya disarankan untuk kerusakan motor yang sudah fatal/

Pasalnya alat hanya bisa digunakan untuk kerusakan kecil saja. Jika sudah rusak total disarankan untuk mengganti bagian body seluruhnya. Tujuannya agar mesin dan body motor bisa bekerja dengan normal sesuai fungsinya masing-masing.

Meskipun harga body mesin itu mahal, tapi langkah ini lebih disarankan dibanding memaksakan menggunakan alat press body motor. Di pasaran, ada tiga pilihan alat press body motor sesuai dengan tenaga yang dipakai, yakni mesin press manual, mesin press hidrolik serta mesin press mekanikal.

Mesin Press Manual

Sesuai namanya, mesin press ini menggunakan tenaga  manual alias masih memakai tenaga manusia. Alat press ini agak unik dibanding alat mesin press lain yang akan kita bahas. Pasalnya di alat press ini ada sebuah setir yang nanti dapat digerakkan oleh operator.

Alat setir ini bisa menurunkan dan juga menaikkan piston. Hingga sekarang, alat press body motor termurah tidak menggunakan mesin press ini. Pasalnya alat press manual tersebut memiliki tenaga yang kecil. biasanya sih dipakai untuk press kertas atau bahan lainnya.

Cara kerjanya, Anda tinggal memutar setir searah jarum jam untuk menurunkan bagian piston dan juga putar setir ke kiri untuk menaikkan bagian piston. Alat press ini tergolong hemat biaya operasional, murah digunakan serta harganya juga lebih murah dibanding alat press body motor lainnya.

Seperti yang sudah disebutkan, karena mesin press ini menggunakan tenaga manusia, alat press ini hanya dapoat dipakai untuk plat besi tipis yang ketebalannya kurang antara 1 mm hingga 2 mm. selain itu, plat juga harus berbahan alumunim.

Mesin Press Hidrolik

Mesin press selanjutnya adalah mesin press hidrolik. Umumnya, alat press ini banyak ditemukan di jasa alat press body motor karena fungsinya yang amat penting. Alat ini bekerja dengan sistem hukum paskal, yaitu memanfaatkan tekanan yang diberikan di bagian cairan untuk membentuk dan menekan.

Mesin ini juga punya beberapa komponen penting untuk menunjang sistem kerjanya, yakni pipa hidrolik, piston, silinder dan juga beberapa komponen lain yang mendukung kerjanya. Di mesin ini ada dua silinder yakni silinder berbentuk kecil dan silinder besar atau silinder master.

Sistem kerja alat press body motor ini adalah cairan berupa oli hidrolik akan dimasukkan ke bagian silinder kecil. Piston kemudian didorong untuk memampatkan oli hidrolik di dalamnya. Selanjutnya akan mengalir ke silinder master dan melalui pipa.

Tekanan yang muncul di bagian silinder master dan piston kemudian akan mendorong oli hidrolik kembali ke silinder kecil. gaya ini diterapkan di oli hidrolik silinder kecil ini mempunyai kekuatan yang lebih besar ketika mendorong master silinder.

Mesin ini punya daya tahan yang sangat baik dibanding mesin alat press body motor berbahan listrik. Mesinnya juga punya akurasi yang terkontrol dengan baik. perawatannya bisa dibilang sangat mudah dan tidak ribet. Dimana Anda tinggal mengganti oli hidrolik secara teratur setiap 2000 jam pemakaian./

Mesin Press Mekanikal

Mesin press ini memakai sistem mekanikal yang menggunakan fly wheel yang digerakkan elektro motor. Kemudian diteruskan ke bagian crank sharf kemudian digerakkan oleh slide turun naik. Kontrol posisi ada di bagvian gerakan slide yang menggunakan sistem clutch and break dengan tenaga pneumatic.

Mesin untuk alat press body motor ini. ada sistem pneumatic yang digunakan untuk die cushion dan juga balancer. Inilah alasan kenapa ada tabung udara di bagian atas crown deck dan di bawah atau belakang mesinnya. Daya tekan mesin press ini cukup terbatas karena hanya 2500 ton saja.

Alat press ini dipakai untuk segala kebutuhan, baik untuk industri kecil maupun besar. Conto0hnya untuk membuat box untuk rumah-rumahan lampu, untuk membuat safety boz hingga untuk pembuatan body motor, mobil dan sebagainya.

Alat ini juga banyak digunakan di bengkel-bengkel. Alat press body motor memang sangat beragam di pasaran. Bagi yang ingin buka bengkel, khususnya jasa press body motor, pastikan memilih alat yang sesuai dengan kebutuhban.

Share

You may also like...