Awas, Tindak Penipuan dari Biaya Sedot WC Jakarta Utara

Keberadaan penyedia jasa sedot WC benar-benar memberikan harapan baru bagi masyarakat di daerah perkotaan. Meskipun biaya sedot WC Jakarta Utara yang harus dikeluarkan tidak sedikit, tetapi sesuai dengan pelayanan yang diberikan.

Pasalnya, untuk mengatasi permasalahan pada sistem pembuangan bukanlah hal mudah. Selain butuh ketrampilan dan peralatan khusus, belum tentu sembarang orang mau membersihkan tempat kotor tersebut. Lantas, berapa tarif normalnya?

Hal-hal yang Memengaruhi Biaya Sedot WC Jakarta Utara

Jangan pernah menganggap remeh dengan pekerjaan sedot WC, karena apa yang petugas lakukan sangatlah mulia. Siapa yang mau bergelut dengan kotoran orang? Jangankan kotoran orang, kotoran sendiri pun mentalnya belum tentu mampu.

Selain itu, beberapa persoalan terkadang memang sulit diatasi sendiri, karena salah penanganan, bukan tidak mungkin permasalahan justru semakin besar. Alangkah lebih baik, jika menyerahkan persoalan tersebut kepada pihak yang sudah benar-benar profesional.

Namun, jangan sampai salah paham, biaya yang dikeluarkan setiap orang mungkin saja berbeda. Berikut adalah beberapa hal yang memengaruhi besaran biaya sedot WC di Jakarta Utara :

1. Jenis Layanan yang Dipilih

Saat ini, jasa sedot WC tidak hanya melayani penyedotan septic tank saja. Ada beberapa layanan lain yang sudah tersedia, seperti :

  • Mengatasi saluran WC atau air yang mampet
  • Pembuatan atau renovasi septic tank
  • Pembuatan sumur resapan yang baru
  • Perawatan rutin toilet
  • Menguras kolam renang
  • Penyedotan limbah pabrik

Setiap layanan tersebut memiliki tarif yang berbeda-beda, disesuaikan dengan kinerja tenaga kerja dan lama waktu pengerjaan yang dibutuhkan. Jangan heran, jika biaya sedot WC Jakarta Utara ternyata bersifat fluktuatif.

2. Lokasi Rumah

Inilah salah satu alasan untuk mencari penyedia jasa sedot WC yang masih dalam satu wilayah, yaitu menghemat pengeluaran. Sebab, beberapa perusahaan biasanya menambah tarif untuk lokasi yang berada di luar jangkauan.

Biaya tambahan sedot WC Jakarta Utara ini dihitung berdasarkan kelipatan setiap satu kilometernya. Misal, tarif tambahan per kilometer dikenakan biaya Rp 5.000, maka untuk lokasi rumah sejauh 10 kilometer akan dibebankan biaya transportasi sebesar Rp 50.000.

3. Peralatan yang Digunakan

Setiap permasalahan tentu membutuhkan penanganan tersendiri, tidak dapat disamaratakan. Meskipun sama-sama septic tank penuh, tetapi biaya sedot WC Jakarta Utara mungkin saja berbeda. Hal ini dikarenakan ada faktor lain yang memengaruhi penanganan.

Sebagai perbadingan, satu rumah yang sudah terbiasa melakukan perawatan dan penyedotan, maka proses penanganan jauh lebih mudah. Sebaliknya, septic tank yang sama sekali belum pernah dibersihkan mungkin akan memberikan hambatan.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka pihak penyedia jasa harus melakukan langkah tambahan, misalnya memberikan obat-obatan tertentu. Obat yang digunakan ini tentu akan menambah biaya yang harus dikeluarkan pengguna.

4. Tingkat Kesulitan

Di kawasan padat penduduk seperti Jakarta, ada kalanya petugas sedot WC mengalami kesulitan untuk mengjangkau lokasi. Armada tidak dapat mencapai lokasi, karena berada di gang sempit. Oleh karena itu, mereka membutuhkan selang yang lebih panjang.

Selang ini memiliki beragam ukuran, mulai dari yang 50 meter, 100 meter, hingga 120 meter atau lebih. Semakin panjang selang yang digunakan, maka biaya dari sedot WC Jakarta Utara juga akan semakin besar. 

5. Sistem Perhitungan Tarif yang Diterapkan

Setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing untuk menentukan tarif atau biaya sedot WC Jakarta Utara. Namun, ada tiga jenis perhitungan yang sering digunakan, yaitu :

  • Sistem Perhitungan Berdasarkan Strip

Pada sistem ini, perusahaan mematok tarif berdasarkan strip yang ada di bagian belakang tangki armada. Sangat cocok untuk rumah pribadi yang rutin melakukan perawatan. Stripnya juga sangat bervariatif, ada yang berjumlah 10, 13, 16, dan seterusnya.

Semakin banyak strip yang terisi, maka biaya sedot WC Jakarta Utara juga semakin mahal. Misal, tarif untuk satu strip adalah Rp 100.000. Jika penyedotan mencapai 10 strip, maka biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp 1.300.000.

  • Sistem Perhitungan Berdasarkan Tangki

Perhitungan jumlah biaya sedot WC Jakarta Utara yang berikutnya adalah berdasarkan tangki atau kubik. Sistem ini cocok untuk rumah pribadi yang jarang atau belum pernah melakukan penyedotan. Lebih irit, karena tarif sudah disepakati sejak awal.

Namun, perlu diketahui bahwa tangki armada juga memiliki ukuran yang beragam, mulai dari 2, 4, hingga 6 meter kubik. Agar mendapat harga yang lebih murah, pastikan sudah sesuai dengan perkiraan yang dibutuhkan. Jangan sampai masih ada tangki mobil yang kosong.

  • Sistem Perhitungan Berdasarkan Ritase atau Borongan

Perhitungan yang terakhir yaitu menggunakan sistem ritase atau borongan. Sistem ini biasanya digunakan oleh tempat-tempat yang jumlah pemakainya cukup banyak. Sebab, dapat dipastikan mereka membutuhkan banyak armada untuk mengurasnya sampai tuntas.

Demikian beberapa hal yang memengaruhi fluktuatif dari biaya sedot WC Jakarta Utara. Selain melakukan kesepakatan harga, pastikan untuk mengecek keadaan tangki sebelum melakukan penyedotan. Jangan sampai biaya membengkak, karena tindak kecurangan.

Share

You may also like...