Panduan Mengamankan Komputer Bagi Pemula

Komputer tidak jarang hari ini karena, seiring berjalannya waktu, hampir semuanya dilakukan dengan bantuan komputer. Pada akhirnya, menjaga keamanan komputer di komputer Anda dan data yang tersimpan di dalamnya sudah menjadi kebutuhan.

Komputer berguna dan sangat membantu. Namun terkadang kita sebagai pengguna sering kali ceroboh atau tidak sengaja melakukan kesalahan. Tidak jarang kesalahan ini menyebabkan komputer Anda diretas atau virus muncul.

Tentunya bagi yang mengerti komputer, hal ini tidak menjadi masalah. Anda bisa memperbaikinya sendiri. Tapi untuk pengguna biasa? bikini yang rumit! Tidak jarang kita kehilangan data berharga.

Nah, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan pengguna komputer biasa untuk meningkatkan keamanan.

Kiat untuk menjaga komputer Anda aman dari peretas

Kita tidak dapat memenuhi kebutuhan komputer kita melalui jeruk yang tidak bertanggung jawab, tetapi kita dapat mencegah hal-hal yang dapat merusak komputer kita. Di sini saya akan membagikan beberapa tip untuk penjaga keamanan komputer yang dapat kita lakukan untuk melindungi keamanan dan data kita:

1. Instal program anti-virus

Software antivirus biasanya memberi tahu tanda-tanda virus yang terdeteksi, yang biasanya terdeteksi saat kita menjelajah Internet atau saat komputer terhubung ke perangkat lain yang sudah mendeteksi virus.

Ini sangat penting. Antivirus bisa menjadi benteng pertahanan pertama komputer Anda.

Beberapa orang berpendapat bahwa antivirus memperlambat komputer. Itu adalah kesalahan besar. Efeknya nanti bisa dirasakan saat kita kehilangan data karena virus. Menyesal saja nanti.

Anda bisa menggunakan antivirus gratis seperti Avas, Avira, AVG, dan sejenisnya. Ini lebih dari cukup untuk menjaga keamanan komputer Anda.

2. Jangan hanya menyimpan data sensitif

Jangan pernah menyimpan informasi pribadi Anda atau informasi penting seperti nama lengkap Anda, nomor telepon Anda, informasi terkait pekerjaan Anda, alamat rumah atau nomor kartu kredit Anda di PC Anda tanpa perlindungan tambahan.

Gunakan perangkat lunak tambahan untuk mengatur folder yang berisi file penting dan pribadi. Ini dapat mencegah data dicuri dari orang lain yang mengakses komputer Anda.

3. Jangan membuka file yang tidak dikenal secara terbuka

Jangan sembarangan membuka file yang tidak Anda kenali tanpa Anda sadari terlebih dahulu dengan software antivirus. Selain itu, instal perangkat lunak firewall untuk mencegah data Anda dicuri karena firewall akan memeriksa semua data yang keluar dan masuk.

Jangan sembarangan mendownload file yang ada di email, apalagi jika email tersebut berbahasa Inggris.

Baca juga: Beberapa Alasan Mengapa Islam Mengharamkan Judi

4. Jangan membuka link secara terbuka

Jangan sembarangan membuka link website yang dikirim sebagai spam di email Anda. Biasanya link ini berisi script khusus yang bisa mengisi data Anda.

Membuka tautan aneh di email atau dari situs web tertentu di Internet.

5. Perbarui secara teratur

Ingatlah untuk selalu memperbarui sistem operasi atau perangkat lunak yang diinstal di komputer.

Dalam sistem operasi seperti Windows, keramahan baru ditemukan setiap hari, jadi Anda harus selalu memperbarui sistem perangkat lunak.

Perangkat lunak yang membuat Anda selalu terbarui sangat penting karena mencegah peretas membobol sistem Anda.

6. Gunakan sandi yang rumit

Ada begitu banyak perangkat lunak di luar sana yang mencoba semua kemungkinan kombinasi untuk memecahkan kata sandi. Ini dikenal sebagai teknik brute force.

Jika kata rahasia hanya terdiri dari 4 atau 5 karakter, itu dapat diselesaikan dengan mudah. Kata sandi Anda sulit diretas ketika kami terdiri dari 8 atau 9 karakter, ditambah angka, huruf, dan karakter khusus.

Ada banyak alat di internet untuk memeriksa kekuatan kata sandi Anda. Ini adalah tip keamanan komputer penting yang setiap orang harus butuhkan.

7. Gunakan sandi yang berbeda

Gunakan kata sandi yang sama sekali berbeda. Salah satu tugas umum adalah menggunakan kata sandi yang sama di seluruh internet.

Ya, sangat sulit untuk mengingat kata sandi untuk semua akun, tetapi disarankan untuk memiliki kata sandi yang berbeda untuk akun yang berbeda.

Memang terlihat rumit, namun manfaatnya akan sangat terasa nantinya. Misalkan Anda menggunakan kata sandi yang sama untuk Facebook dan email. Jika Facebook Anda diretas, orang lain dapat dengan mudah meretas email Anda pada saat yang bersamaan. Jika mereka berbeda, mereka juga akan mendapat masalah.

8. Salinan Perangkat Lunak Bajakan

Nah, inilah penyakit di kalangan pengguna komputer di negara kita. Sebagian besar masih menggunakan software bajakan.

Gunakan perangkat lunak resmi dan legal sesering mungkin. Jika Anda tidak mampu membelinya, coba versi alternatif dari perangkat lunak gratis.

Salinan perangkat lunak bajakan menggunakan skrip atau program khusus agar dapat digunakan. Nah, script dan program ini bisa membuat komputer Anda rentan terhadap peretasan.

Jika berasal dari sumber yang salah, skrip ini dapat secara bersamaan menanamkan pintu belakang atau virus ke komputer Anda. Hasil? Komputer Anda rentan terhadap serangan peretasan.

Biasanya cara ini juga banyak digunakan oleh virus ransomware yang membutuhkan file di komputer.

9. Gunakan addon / ekstensi pemblokir iklan di browser

Saya juga berpikir ini sangat penting. Jika Anda ingin mengakses Internet dari komputer, selalu gunakan blok iklan di browser yang Anda gunakan.

Ekstensi ini dapat memblokir iklan dari berbagai situs web yang aksesnya dimilikinya. Selain itu, ekstensi ini juga dapat mencegah penggunaan situs web yang memungkinkan Anda mengunduh file berbahaya / malware ke komputer Anda secara otomatis.

Gunakan ekstensi addon atau blok iklan yang cocok dengan browser yang biasa Anda gunakan.

Ini adalah tip cepat untuk menjaga keamanan komputer Anda. Semoga artikel ini dapat membantu anda.

Sumber: Trendingnesia.com

Share

You may also like...