Tempat Wisata di Belitung Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Tempat Wisata di Belitung – Belitung dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang kaya akan keindahan alam dan daya tarik wisata. Anda mungkin berpendapat bahwa Belitung baru dikenal belakangan ini karena judul film yang menggunakan tempat tersebut sebagai latar. Sejak itu, pariwisata di Belitung menjadi isu kontroversi yang memanas.

Desas-desus tentang keindahan Pulau Belitung yang lambat laun menjadi terkenal, menarik banyak pengunjung yang dapat menikmati berbagai fitur alam yang indah dan tidak biasa. Ada beberapa tempat liburan yang bisa Anda gunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman.

Ada Beberapa Tempat Wisata di Belitung yang Tidak Boleh Dilewatkan

Belitung, sebagaimana dijelaskan secara singkat di atas, kaya akan wisata alam dan budaya. Daya tarik lingkungan pariwisata menarik banyak pengunjung. Bagi Anda yang tertarik dengan keindahan Belitung, berikut beberapa lokasi wisata yang perlu diperhatikan:

Pulau Lengkuas

Tempat Wisata di Belitung
Pulau Lengkuas

Meski merupakan pulau yang terpisah dari Belitung, pulau Lengkuas mungkin bisa menjadi destinasi wisata yang menarik. Pulau ini berjarak sekitar 30 menit dari Belitung. Sejak tahun 1882, Pulau Lengkuas terkenal dengan mercusuarnya yang tinggi.

Anda bisa naik ke mercusuar dan melihat betapa indahnya Belitung dari atas selain menikmati suasana pulau.

Danau Kaolin

Jika Anda ingin merasakan suasana Kawah Putih Bandung, danau kaolin adalah pilihan terbaik bagi para pelancong. Kaolin memiliki konotasi simbolis sebagai tambang kekayaan Belitung. Perpaduan kaolin dan air biru bisa dilihat di sini.

Pantai Tanjung Tinggi

Tempat Wisata di Belitung
Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi adalah salah satu tempat wisata Belitung yang paling dinanti. Pantai ini, bagaimanapun, adalah saksi sejarah film Laskar Pelangi sejak dulu. Pantai ini memiliki berbagai keajaiban alam untuk Anda hargai.

Dari luasnya pasir putih bersih di atas batu granit besar hingga laut yang indah dengan ombak yang tenang. Anda dapat bermain dan berenang tanpa khawatir dengan ombak. Di pinggir jalan juga terdapat beberapa pedagang yang menjual makanan pembuka seafood yang lezat.

Pantai Tanjung Kelayang

Pantai Tanjung Kelayang terkenal dengan Batu Kelayangnya, sesuai dengan namanya. Batu Kelayang ini sering disebut sebagai maskot Sail Wakatobi di Belitung. Keindahan gugusan batu granit dapat dilihat di sisi barat pulau ini.

Ada beberapa peluang foto yang sangat bagus di sana. Ada pasir putih bersih dan indah di bagian timur. Anda dapat melakukan berbagai kegiatan wisata pantai di sini. Beberapa dari mereka suka berjemur, berenang, dan pergi ke pantai.

Pantai Nyiur Melambai 

Tempat Wisata di Belitung
Pantai Nyiur Melambai 

Selain Pantai Tanjung Tinggi, Nyiur Melambai menjadi destinasi pantai yang wajib dikunjungi di Belitung. Pantai berpasir putih dan deretan pohon pinus mengelilingi pantai.

Bahkan, wisata panjat tebing dan voli pantai juga tersedia di sini. Karena ombaknya agak tenang, Anda bisa memamerkan kemampuan berenang Anda tanpa takut hanyut oleh ombak.

Museum Kata

Mereka yang tertarik dengan wisata sejarah bisa pergi ke Museum Kata. Museum ini tidak menggambarkan sejarah Belitung, tetapi ada banyak karya Andrea Hirata untuk dipelajari.

Anda juga dapat melihat foto-foto kehidupan Belitung melalui karya Andrea Hirata di sini. Andrea juga menulis cerita pendek yang tidak diterbitkan dan hanya bisa dibaca di Museum Kata.

Museum Kata bisa dibilang sebagai museum literasi pertama di Indonesia. Museum yang tidak biasa ini dikunjungi oleh berbagai wisatawan di Indonesia. Bahkan, museum ini bisa dibilang selalu ramai.

Pulau Pasir

Sesuai dengan namanya, pulau ini hanya berupa hamparan pasir putih yang mungkin bisa dijadikan lokasi foto. Meski begitu, saat air laut surut, pulau pasir dengan pulau kecilnya akan tetap menarik dan menawan.

Pulau ini berukuran kurang dari setengah lapangan sepak bola. Namun, karena dikelilingi oleh air, pulau berpasir ini akan tampak luar biasa luar biasa. Anda bisa menjadikan lokasi tersebut sebagai lokasi foto yang benar-benar Instagramable.

Berbagai lokasi tempat wisata di Belitung yang dijelaskan di atas mungkin bisa menjadi titik awal bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan di sana. Anda dapat memanfaatkan layanan agen perjalanan kami untuk membuat perjalanan Anda lebih lancar, dan Anda dapat dengan mudah mendapatkan beberapa penawaran paket wisata belitung pulang pergi. / Dy

Baca Juga: Singapura: Spot Turisme Terbaik di Asia

Share

You may also like...