3 Destinasi Wisata Sejarah Bengkulu, Ada Kompleks Makam Inggris juga Loh

Liburan Natal dan Tahun Baru kali ini ada rencana liburan kemana nih? Selama wabah Covid19 masih eksis, ada baiknya memang kita tak perlu berlibur kemana-mana, termasuk ke luar kota. Nah, untuk menghibur hati para pembaca, kami, tim penulis, akan mengulas secara singkat mengenai 4 destinasi wisata sejarah. Dan kali ini kami memilih wisata sejarah Bengkulu sebagai destinasi utamanya. Kira-kira ada destinasi wisata sejarah apa saja di Kota Bengkulu? Yuk kita simak informasi detailnya.

3 Destinasi Wisata Sejarah Bengkulu

Rumah Bung Karno

3 Destinasi Wisata Sejarah Bengkulu
source: beritalima.com

Rumah Bung Karno kerap masuk sebagai salah satu destinasi wisata sejarah Bengkulu terfavorit. Rumah ini sebenarnya adalah rumah pengasingan Bung Karno yang saat itu menjadi tahanan politik VOC. Rumah bersejarah ini berada di Kelurahan Anggut, Kecamatan Ratu Samban, Kota Bengkulu. Selama pengasingan, tepatnya dari tahun 938 hingga tahun 1942, Bung Karno mendiami rumah ini seorang diri. Sebelumnya beliau juga pernah diasingkan di Pulau Ende, Flores selama beberapa tahun.

Rumah bersejarah yang dikenal dengan nama Rumah Bung Karno ini memiliki gaya arsitektur kuno lengkap dengan perabotan-perabotan rumah yang masih sama dengan zaman dulu. Tadinya rumah ini adalah rumah milik saudagar kaya berdarah Tionghoa yang bernama Tjang Tjeng Kwat. Meski sudah tak dihuni lagi, rumah ini masih terawat dengan sangat baik, termasuk perabotan-perabotan kuno yang artistik dan tampak mahal di zamannya.

Ketika Anda mulai memasuki Rumah Bung Karno ini, Anda akan serasa flashback ke jaman Soekarno dulu diasingkan. Di sini Anda akan melihat kasur yang masih dilapisi dengan sprei sederhana tapi rapi, kursi dan meja yang masih kokoh, dan ada juga sepeda onthel yang ditempatkan di salah satu sudut ruangan. Dan yang paling menarik dari Rumah Bung Karno ini adalah bahwa rumah ini menjadi saksi bisu kisah cinta segitiga antara Sang Proklamator, Ibu Fatmawati, dan Ibu Inggit Garnasih.

Rumah Ibu Fatmawati

Wisata sejarah Bengkulu Rumah Bung Karno, ada pula Rumah Ibu Fatmawati. Rumah ini juga masuk dalam daftar situs sejarah Kota Bengkulu. Ketika berkunjung ke sini, Anda dan para wisatawan lainnya nantinya akan disambut oleh patung Ibu Fatmawati yang terbuat dari perunggu. Tampilan fisik patung ini memang dibuat sangat mirip dengan tokoh pendamping hidup Soekarno yang sesungguhnya.

Beberapa meter dari patung, Anda akan melihat sebuah bangunan rumah panggung dengan gaya arsitektur khas Bengkulu. Rumah panggung ini didominasi oleh ukiran-ukiran khas Melayu, terutama di bagian pagar, frame jendela, dan frame pintu. Untuk ukuran, sebenarnya tak terlalu besar karena rumah ini hanya terdiri dari 4 ruangan saja, yaitu ruang tamu, 2 kamar tidur, dan sebuah kamar mandi. Beranda rumah juga tampak cukup besar di sini.

Masuk ke dalam ruang tamu, Anda nantinya akan melihat ada banyak foto Ibu Fatmawati yang sedang bersama Bung Karno dan anak-anak mereka. Foto-foto ini terpajang apik nan rapi di sepanjang dinding rumah.

Tak hanya itu, Rumah Ibu Fatmawati juga masih menjadi tempat penyimpananan benda-benda kesukaan beliau seperti salah satunya adalah mesin jahit yang dulu pernah beliau gunakan untuk menjahit Sang Saka Merah Putih yang hanya terbuat dari dua buah selendang berwarna merah dan putih.

Baca juga: 4 Media Promosi Online yang Ampuh Dongkrak UMKM

Kompleks Makam Inggris Jitra

source: www.wartaprima.com

Kompleks makam Jitra tak lain adalah sebuah kompleks makam keluarga Inggris yang lokasinya tak begitu jauh dari Benteng Marlborough dan Lapangan Merdeka. Karena lokasinya yang tak begitu jauh dengan benteng, banyak masyarakat yang kerap mengaitkannya dengan Benteng Marlborough. Menurut sejarah, makam ini sudah eksis sejak tahun 1775. Ada lebih dari seratus buah batu nisan di kompleks makam ini. Sayangnya kini hanya tersisa 53 buah nisan akibat adanya pembangunan-pembangunan di sekitar kompleks pemakaman.

Bagaimana? Kira-kira tertarik dengan destinasi wisata sejarah yang mana? Kami, tim penulis, sangat merekomendasikan ketiganya karena semua destinasi wisata yang kami ulas barusan memiliki nilai budaya dan sejarah yang sangat berarti bagi kita semua, terutama generasi muda. Untuk berita Bengkulu, berita Rejang Lebong lainnya dapat Anda kunjungi situs Beo.co.id

Share

You may also like...