4 Media Promosi Online yang Ampuh Dongkrak UMKM

UMKM menjadi tonggak perekonomian rakyat yang bisa dibilang sedang benar-benar digalakan oleh pemerintah kita. Membahas UMKM memang tidak ada habisnya. Sebagai basis bisnis yang dirintis oleh masyarakat kecil, pastinya segala sesuatunya ingin berjalan dengan mulus dan menghasilkan banyak profit. Sukses atau tidaknya sebuah UMKM sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah faktor media promosi online yang kini memegang kunci utama untuk kelancaran dan kesuksesan sebuah bisnis kecil dan menengah. 

Media promosi online sendiri adalah bagian dari strategi social media markting yang mana dalam proses promosi, melibatkan teknologi internet sebagai pendukungnya. Sedang media di sini adalah alat atau kendaraan yang digunakan untuk mempromosikan suatu produk atau brand. Jika dikaitkan dengan era digital, media di sini dikaitkan erat dengan berbagai fasilitas digital yang didesain secara khusus untuk mendukung aktivitas bisnis berbasis online. Sebut saja beberapa media sosial, marketplace, website, blog, forum digital, Kanal YouTube, dan lain sebagainya. Lebih lengkapnya, yuk kita simak informasi 4 contoh media promosi online yang ampuh dongkrak UMKM untuk ide bisnis online berikut ini. 

4 Media Promosi Online yang Ampuh Dongkrak UMKM

Facebook

4 Media Promosi Online yang Ampuh Dongkrak UMKM4 Media Promosi Online yang Ampuh Dongkrak UMKM

Salah satu dari 4 contoh media promosi online yang mampu tingkatkan UMKM adalah Facebook. Media sosial yang satu ini pasti nya sangat familiar di telinga Anda. Sebagian besar pengguna internet di dunia pasti memiliki akun Facebook. Facebook memang menjadi salah satu media sosial yang menyediakan fitur-fitur pendukung bisnis online; menariknya lagi, fitur-fitur ini sangat supportif, lengkap, dan yang pasti sangat mudah diakses. Berikut fitur-fiturnya.

Facebook Group

4 Media Promosi Online yang Ampuh Dongkrak UMKM

Facebook Group adalah fitur pada Facebook yang mana melalui fitur ini, Anda bisa join dengan berbagai grup yang ada kaitannya dengan aktivitas bisnis yang Anda rintis. Misal, Anda baru saja merintis bisnis makanan ringan dengan kemasan unik, aman, dan praktis seperti kemasan standing pouch

Nah, lalu Anda gabung dengan Facebook Group khusus kuliner seperti OLX Kuliner yang anggotanya sudah mencapai ratusan ribu orang. Demikian juga jika bisnis yang Anda rintis adalah bisnis di bidang fashion. Silahkan Anda join dengan grup yang sesuai. 

Promosi melalui grup di Facebook tentunya akan terasa lebih efektif karena di dalam forum grup, tidak hanya berisikan para anggota grup saja, melainkan juga berisikan calon konsumen yang sedang mencari produk yang dijual di grup. 

Facebook Ads

Ada juga fitur Facebook Ads. Hanya saja mempromosikan produk atau jasa melalui Facebook Ads ini memerlukan biaya untuk pemasangan iklan. Anda harus mengeluarkan biaya tambahan agar produk atau jasa yang Anda jual akan tampil via Facebook Ads. 

Baca juga: Rekomendasi HP Samsung Terbaru

Instagram

Instagram adalah media sosial yang katanya paling kekinian. Banyak yang mengatakan juga bahwa Instagram adalah media sosial-nya anak muda kekinian. Pasalnya, ada banyak fitur pada Instagram yang benar-benar memanjakan para penggunanya, mulai dari fitur Instastory yang lengkap dengan berbagai pilihan filter yang lucu hingga fitur-fitur menarik lainnya. Namun tak disangka, media sosial ini juga sangat cocok dijadikan sebagai media promosi online yang efektif tingkatkan penjualan dalam dunia bisnis online. Ada beberapa fitur baru pada Instagram yang memang didesain untuk mode bisnis, seperti 3 fitur berikut ini. 

Fitur Instagram Hashtag

Sekedar info, algoritma Instagram mampu melakukan pencarian feeds gambar atau topik hanya dengan menggunakan tanda hashtag atau tagar. Nah, Anda sebagai pelaku dapat memanfaatkan fitur hashtag ini untuk mempromosikan produk, jasa, atau brand yang Anda usung. 

Fitur Instagram for Business

Anda juga bisa optimalkan strategi marketing digital Anda via Instagram bisnis. Fitur ini nantinya akan menampilkan profil Instagram Anda dengan display yang menarik dan tentunya sangat relevan dengan bisnis yang sedang Anda rintis. Dengan kata lain, fitur ini memfasilitasi Anda dalam membuat profil bisnis secara gratis.

Anda hanya perlu membuat tampilan Instagram Anda dengan produk atau brand Anda semenarik mungkin. Jangan lupa tambahkan caption yang menarik. Dan yang paling penting adalah tambahkan informasi selengkap mungkin. Misal dengan menambahkan bio, kontak, spesifikasi produk, bahkan hingga list harga produk. Atau Anda juga bisa sekaligus menyertakan URL atau link website atau blog yang berisi informasi detail bisnis Anda. 

Fitur Instagram Ads

Fitur Instagram Ads ini kurang lebih sama dengan fitur Facebook Ads. Tujuan menggunakan fitur ini adalah untuk mendapatkan target audience atau pangsa pasar yang jangkauannya lebih luas. Iklan pada Instagram harus disertai dengan caption, video atau foto yang menarik.

Sebenarnya ada satu lagi media promosi yang bisa dibilang sangat ampuh untuk tingkatkan rate penjualan via Instagram, yaitu jurus jumlah followers. Faktanya, jumlah followers pada sebuah akun Instagram sangat mempengaruhi eksistensi dan kredibilitas sebuah bisnis online. Wajar rasanya ketika pengguna Instagram akan jauh lebih percaya berbelanja di sebuah toko online dengan jumlah followers banyak. Mereka memiliki anggapan bahwa toko online dengan jumlah followers banyak akan sebanding dengan kualitas dan kredibilitas toko online itu sendiri. 

Tak heran jika saat ini ada banyak pihak yang menawarkan jasa beli followers dengan menyasar para pemilik toko online baru sebagai target utama. Tentu jasa buy followers akan cukup membantu untuk mendongkrak kuantitas followers bagi pelaku bisnis toko online baru. Selain akan menaikan citra bisnis yang baru dibangun secara instan, jasa beli followers juga akan sangat menguntungkan toko online itu sendiri. 

Twitter

Sebenarnya media sosial ini tak seefektif Facebook dan Instagram jika dikaitkan dengan topik kita hari ini. Namun faktanya masih saja banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan Twitter sebagai media promosi online untuk bisnis mereka. Bisa dibilang ada beberapa kelemahan Twitter sebagai media promosi online. Sebut saja satu kelemahan yang paling kentara adalah tweet yang jumlah karakternya dibatasi. Padahal, dalam mempromosikan suatu produk, jasa, atau brand diperlukan informasi detail dan jelas. Kelemahan lainnya yaitu tidak adanya fitur khusus yang mendukung promosi via online. 

Forum Digital

Siapa yang tak kenal dengan Kaskus. Kaskus hanyalah satu contoh forum digital yang masih eksis hingga sekarang. Mungkin bagi kita para pengguna internet biasa mengenal Kaskus hanya sebagai forum berbagi informasi. Akan tetapi, Kaskus sebenarnya memiliki satu segmen khusus yang berada di satu halaman tersendiri. Nah, segmen ini biasa dimanfaatkan oleh audience forum untuk melakukan jual-beli produk, jasa, atau brand. Hanya saja media promosi online ini memiliki satu kelemahan, yaitu rawan adanya aksi penipuan yang masuk dalam forum. Jadi tetap hati-hati ya Gan.

Sebenarnya masih ada 6 dari 10 contoh media promosi online yang siap dibagikan kepada Anda. Enam sisanya akan kami bagikan di artikel berikutnya. Oleh karenanya tetap update halaman situs kami karena tak lama lagi kami akan berbagi info penting dan bermanfaat dengan Anda para pembaca setia situs ini. 

Share

You may also like...