Penting, Berikut Syarat Menjadi Guru Privat Yang Menyenangkan

Saat ini, kegiatan belajar mengajar tidak hanya berlangsung di sekolah, namun juga luar sekolah. Tidak sedikit siswa yang mendapatkan tambahan materi melalui guru privat. Namun sayangnya tidak semua guru privat memenuhi beberapa syarat menjadi guru private sehingga banyak siswa yang tidak nyaman untuk belajar bersamanya. 

Kenapa banyak siswa mengikuti kegiatan les di luar sekolahnya? Tentu saja jawabannya ada banyak. 

Bisa saja mereka tidak terlalu paham akan materi yang disajikan di sekolah atau mereka kesulitan untuk bertanya perihal materi yang diajarkan, atau memiliki tujuan masuk universitas terbaik di Indonesia. Alasan lainnya adalah mereka mengalami kesulitan untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, sehingga membutuhkan tambahan bimbingan untuk mengerjakannya. 

Salah satu solusi yang bisa diambil oleh siswa tersebut adalah ikut serta dalam les privat. Dengan mendatangkan guru khusus, akan tercipta suasana belajar yang lebih nyaman dan kondusif. Selain itu, guru privat tersebut hanya fokus pada satu siswa saja, sehingga mampu melihat perkembangan siswanya dibandingkan guru di sekolah. 

Nah, sebelum kamu terjun ke dalam bidang ini, kamu harus memenuhi beberapa syarat menjadi guru privat sehingga kamu dapat mengajar dengan lebih baik. Syaratnya adalah:

Syarat Menjadi Guru Privat Yang Menyenangkan

Syarat Menjadi Guru Privat Yang Menyenangkan

Penampilan

Walaupun kamu masih berstatus sebagai mahasiswa dan mencoba menjadi guru privat, tidak ada salahnya untuk memperhatikan penampilan. Apalagi saat pertemuan pertama dengan orang tua murid atau murid itu sendiri. 

Ingatlah bahwa kesan pertama begitu menggoda. Kamu harus membuat kesan pertama yang bagus di mata orang tua dan murid tersebut. 

Penampilan yang cocok untuk guru privat adalah penampilan yang sopan. Usahakan sebelum mengajar untuk mandi terlebih dahulu serta menggunakan pakaian yang bersih. Tidak lupa pula untuk merias sedikit wajahmu jika kamu perempuan atau jika kamu laki-laki usahakan wajahmu tidak kusam. Usahakan pula untuk menggunakan sedikit minyak wangi, namun ingat jangan terlalu berlebihan. Minyak wangi yang berlebihan akan menciptakan bau yang sangat menyengat dan tentunya muridmu tidak akan nyaman dalam belajar. 

Kemampuan Akademis 

Syarat menjadi guru privat yang kedua adalah memiliki kemampuan akademis satu tingkat di atas level yang mereka ajarkan. Misalnya kamu mengajar siswa Sekolah Dasar (SD) maka kamu harus memiliki level pengetahuan lebih dari materi SD tersebut. Bisa saja setara dengan materi Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Begitu pula jika kamu menjadi guru privat matematika untuk siswa SMA. Kamu harus memiliki level akademis setara dengan sarjana strata-1 di bidang matematika sehingga kamu dapat memberikan materi dengan lebih baik. 

Coba bayangkan jika kamu menawarkan diri menjadi guru privat namun ternyata kemampuanmu tidak lebih baik dari standar level tersebut. Kamu tidak bisa menyelesaikan pertanyaan yang diberikan oleh muridmu dan tentunya muridmu tidak akan menyukai hal tersebut. 

Memiliki pengetahuan lebih akan suatu hal juga dapat membantu murid untuk mengatasi kekurangannya dalam belajar. Misalnya saja dalam pelajaran ekonomi, dia dapat menggambarkan grafik ekuilibrium untuk berbagai pasar yang berbeda. Namun, mereka tidak dapat menjelaskannya dalam kata-kata. 

Di sinilah peran guru privat untuk membantu mengatasi kekurangan tersebut dengan membantu membuat kata-kata demi menjelaskan sebuah grafik. Ingat, seorang guru tidak boleh untuk menyesuaikan pola pikir muridnya ke dalam teori pembelajaran. Hal yang boleh dilakukan adalah menyesuaikan gaya belajar mereka dan menemukan metode belajar yang tepat untuk mereka. 

Komunikasi yang Baik

Sebagai seorang guru privat, kamu harus lebih dekat dengan muridmu. Ciptakan suasana bahwa dirimu adalah temannya bukan guru kelasnya. 

Komunikasi yang baik akan membantu mereka untuk belajar, terlebih ketika les privat dilakukan secara online melalui berbagai platform yang ada. Kamu membutuhkan komunikasi yang lebih efektif karena keterbatas hal tersebut. 

Selain membangun komunikasi yang baik dengan muridmu, kamu juga harus membangun komunikasi yang baik dengan orang tuanya. Secara berkala beritahu mereka mengenai perkembangan anaknya, dengan begitu orang tua tersebut akan merasa bahwa kamu sangat memperhatikan anaknya. Hal inilah yang diharapkan dari setiap orang tua. 

Baca juga: 4 Media Promosi Online yang Ampuh Dongkrak UMKM

Jangan Berikan Tugas

Come on, jangan anggap dirimu adalah guru kelas yang membosankan. Balik lagi ke pembahasan sebelumnya, ciptakan suasana yang menyenangkan dan timbulkan perasaan bahwa dirimu adalah teman belajarnya. 

Sudah cukup banyak tugas yang diberikan oleh guru mereka, belum lagi dengan jadwal les musik atau baletnya. Jangan menambah beban mereka dengan berbagai macam tugas yang kamu berikan. 

Benar adanya jika tugas tersebut dapat membantu mereka untuk lebih memahami sebuah materi. Namun, tugas utama dari guru les privat adalah sebagai teman belajar. Kamu harus menjadi orang yang mengerti kondisinya, seperti kebutuhannya atau kesulitannya dalam belajar. 

Jangan pernah sekali-kali kamu memarahinya karena mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. Santai saja, namun tetap arahkan mereka. Belajar itu adalah proses dan wajar jika dalam proses seseorang mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. 

Dengan memberikan pengertian seperti itu maka mereka akan senang ketika jam les denganmu tiba. Mereka akan belajar sesuai dengan arahan kamu serta menceritakan apa yang mereka alami di sekolah denganmu. 

Manajemen Waktu

Manajemen waktu merupakan salah satu syarat penting menjadi guru privat. Ketika kamu menjadi guru privat dan masih menjadi mahasiswa, kamu harus berusaha untuk menyeimbangkan keduanya. Terlebih jika kamu memiliki lebih dari satu klien. 

Tidak ada yang lebih penting dari dua pilihan tersebut, kamu tidak bisa menomorsatukan satu hal. Kamu tetap harus menomorsatukan pendidikan, namun kamu juga harus menomorsatukan muridmu. 

Kedisiplinan kamu juga tidak kalah penting karena mereka meniru apa yang gurunya lakukan. Jika gurunya tidak tepat waktu, maka mereka juga meniru untuk tidak tepat waktu. 

Sabar

Syarat menjadi guru privat selanjutnya yaitu memiliki sifat sabar. Karakteristik dan sifat setiap murid berbeda-beda, dan bukan mereka yang menyesuaikan dengan sifatmu, namun kamu yang menyesuaikan diri dengan mereka. 

Kesabaran ini juga sangat berlaku ketika kamu mengajar anak TK atau SD. Perlakuan dan metode belajar yang kamu gunakan akan berbeda untuk anak-anak dan remaja. 

Seperti yang kita ketahui anak-anak mudah sekali pecah fokus. Biasanya mereka akan pecah fokus saat menemukan sebuah mainan atau mereka bosan akan pelajaran tersebut. 

Kamu harus sabar untuk menghadapinya dan membimbing mereka untuk kembali belajar. Jika memungkinkan, buatlah suasana belajar sambil bermain. 

Nah, itulah 6 syarat menjadi guru privat yang harus kamu miliki sebelum menawarkan diri menjadi guru privat di tempat les seperti awesomeprivate.com les private Jakarta. Tidak ada yang mudah dalam mengajar, kamu akan menemukan berbagai karakteristik dan sifat murid. Tetap semangat dan ciptakan suasana bahwa dirimu adalah teman belajarnya sehingga kegiatan belajar akan berjalan dengan lancar. 

Share

You may also like...